Tips Resep Dan Cara Memasak Ayam Geprek Beserta Sambal Istimewanya

Tips Resep Dan Cara Memasak Ayam Geprek Beserta Sambal Istimewanya
Tips Resep Dan Cara Memasak Ayam Geprek Beserta Sambal Istimewanya. Jika anda sedang jalan-jalan mungkin anda sering menemukan banyak sekali yang menjual masakan ayam geprek ini baik di restourant ataupun warung nasi dipinggir-pinggir jalan kaki lima. Ayam geprek adalah masakan yang diolah dengan menggunakan bahan dasar ayam dan tepung. Untuk cara membuatnya ayam geprek ini memang berbeda sedikit dengan ayam penyet, ayam sambel kosek dan ayam gapuk bumbunyapun yang dipakai seperti masakan Jawa pada umumnya. Untuk memberikan rasa yang lezat dan nikmat dalam mengolahnya tentu harus menggunakan teknik yang baik dan benar di bawah ini cara mengolah ayam geprek.

"ayamgeprek"

Perhatikan langkah ini sebelum memulai :
A.Pilih dan gunakan ayam yang masih segar karena akan membuat teksturnya terasa gurih dan empuk.

B.Gunakan dan pilih ayam kampung untuk membuat resep ayam geprek karena akan memberikan cita rasa yang gurih.

C.Saat menggoreng ayam, gunakanlah minyak yang banyak dan panaskan dahulu.

D.Untuk membuat sambalnya jangan gunakan tomat, karena akan membuat sambalnya menjadi basah.

Bahan dan bumbu ayam geprek Spesial :
Ayam kampung (dada atau paha)
Tepung bumbu saji 1 cangkir
Jeruk lemon 1 buah
Telor ayam 1 butir
Soda kue ½ sendok makan
Garam

Baca tips dan resep lainnya:
Cara memasak :
Bersihkan ayam yang telah disiapkan lalu potong menjadi dadu, Masukan telur air perasan jeruk lemon dan soda ke wadah yang telah didiapkan, lal aduk dengan menambahkan garam secukupnya hingga tercampur merata, lanjutkan dengan memasukan ayam, sambil di aduk-aduk hingga bumbu menempal pada ayam secara menyeluruh dan rata.Setelah itu diamkan selama sepuluh menit agar bmbu meresap dengan sempurna, setelah sepuluh menit gulingkan ayam pada tepung yang telah disiapkan dan lanjutkan dengan menggoreng hingga matang sempurna lalu angkat dan tiriskan.

Cara membuat sambal :
Bahan-bahannya :
Cabei sesuaikan dengan selera
Bawang putih 1 siung
Penyedap rasa
Garam

Cara membuat sambalnya:
Siapkan ulekan atau cobek haluskan cabai bawang putih dan garam secukupnya (jangan menggunakan blender). Setelah sambal halus diuleg dengan menggunakan cobek atau ulekan, masukan ayam yang sudah digoreng kedalam cobek lalu bolak balik hingga sambal membaluri ayam atau dapat juga dengan menggunakan soled atau sendok agar tercampur dengan rata setelah Ayam geprak siap disajikan.

Resep Ayam Geprek
Lain halnya dengan ayam geprek spesial resep ayam geprek ini dengan cara menumis terlebih dahulu agar cita rasanya semakin enak dan lezat untuk caranya seperti dibawah ini:

Bahan :
Ayam
Tepung (bisa tepung siap saji)
Cabe rawit sesuai selera
Bawang putih 2 siung
Bawang merah 2 siung
Garam secukupnya

Cara membuatnya:
Bersihkan ayam dan potong seperti dadu, goreng ayam hingga matang lalu angkat dan tiriskan. Untuk sambalnya tumis bawang putih, cabai, bawang merah dengan sedikit minyak lal tuangkan bumbu yang terlah digoreng bersama minyaknya kedalam cobek dengan catatan jangan terlalu banyak minyak lalu uleg sampai halus jangan di blender, setelah itu masukan ayam yang telah digoreng kedalam cobek yang ada sambalnya dan bolak-balik aduk menggunakan soled atau sendok hingga tercampr rata lalu sajikan.

Catatan : untuk penyajian sebaiknya sajikan saat masih panas bersama nasi yang masih hangat dan sajikan bersama lalapan seperti, daun kemangi, kol/kubis, mentimun dan tomat. Semoga bermanfaat