Resep Masakan Rendang Daging Khas Sumatera Barat



Resep Masakan Rendang Daging Khas Sumatera Barat
Masakan khas Sumatera Barat yang satu ini juga disebut sebagai makanan terlezat didunia menurut sebuah Televisi dunia pada tahun 2011 yang telah lalu. Karena ke lezatanya masakan rendang ini pernah di klaim oleh salah satu negara tetangga sebagai masakan khas tradisionalnya. Masakan rendang khas sumatera Barat Padang mempunyai berbagai macam jenis dengan bahan baku utamanya. Seperti rendang daging, belut, telur, bebek/itik, bahkan jengkol atau sering disebut jariang oleh masyarakat Sumatera Barat Minang. Sebagian  orang memang ada yang malas memasak rendang Padang, karena membayangkan proses memasaknya yang dinilai rumit. Namun proses yang rumit tersebut sangat sebanding dengan hasil yang akan di dapatkan jika diolah hingga benar-benar kering. Dan dikemas ke dalam wadah kedap udara lalu disimpan ke dalam lemari es freezer. Dengan begitu rendang Padang akan dapat bertahan hingga jangka waktu berbulan-bulan. Dan anda dapat mengolahnya dalam jumlah yang agak banyak, dan menghangatkanya sedikit demi sedikit  saat ingin menikmatinya sebagai lauk. Dan berikut dibawah ini kami berikan resep rendang daging khas Padang sumatera Barat yang dapat anda coba dirumah jika ingin membuatnya. 
"rendang"

Cara membat rendang daging khas sumatera Barat Padang
Bahan yang perlu dipersiapkan:
500gram daging sapi, potong daging menjadi 10 bagian
600ml santan kental, dari 1,5 butir kelapa
300gram baby potato
minyak goreng secukupnya
300ml air bersih

Bumbu yang dihaluskan:
10 buah cabai merah iris
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3cm jahe
3cm kunyit
3cm lengkuas
Garam secukupnya

Bumbu pendukung:
1 lembar daun kunyit
1 batang serai
2 butir asam

Cara memasaknya:
Tumis bumbu hingga tercium harum, masukan daging yang telang dipotong-potong, aduk hingga berubah warna. Lanjutkan dengan memasukan kunyit, serai, da asam kandis, lalu aduk perlahan. Tuangkan air dan masukan baby potato, masaklah hingga airnya menyusut lalu aduk secara perlahan-lahan sesekali. Lanjutkan dengan memasukan santan, masak dengan api sedang. Biarkan hingga daging terasa empuk, kuah kering dan berminyak, setelah itu angkat dan siap untuk dihidangkan.

Itulah resep cara membuat rendang daging khas Padang. Tetapi jika anda ingin praktis dalam memasaknya anda pun dapat menggunakan bumbu rendang giling segar yang dijual di pasar tradisional yang saat ini sudah sangat mudah didapatkan. Karena bumbu giling segar akan menghasilkan masakan rendang yang lebih enak dan lezat jika dibandingkan menggunakan bumbu instan. Selamat mencoba resep yang kami berikan ini semoga berguna dan bermanfaat untuk semuanya. Terus kunjungi situs ini untuk mendapatkan resep masakan khas Indonesia dengan keunikan rasa yang diracik menggunakan rempah-rempah warisan leluhur yang hingga kini masih terjaga keaslianya. Sekian dan terimakasih